Transkrip Khotbah Pendeta Theodores Tabaraka, Oktober 15 2005, 17:00-19:00



"EasyCoolSmart":

Ini di bawah aku kutip hasil khotbah Pdt. Teo [ada yg terpotong, krn
distorsi rekaman]:

--------------------------------------------------------------------------------

Transkrip Khotbah Pendeta Theodores Tabaraka
El Shaddai Ministry, Jln. Teuku Cit Ditiro, no.8, lantai. 3, menteng,
Jakarta

Oktober 15 2005, 17:00-19:00



Shaloom....

Sungguh besar rahmat dan berkatmu ya Tuhan yang begitu sayang dan
sungguh setia kepada kami, meskipun kami sering bersungut sungut,
sering mengkhianati engkau Bapa kembali dengan kasihmu pada sore hari
ini Kau mengajarkan firmanMu;karena Engkau tahu Tuhan masih banyak anak
anak Mu yang masih kalah dalam menghadapi kesulitan hidup, ajaklah
Tuhan kami pada sore hari ini agar kami bisa jadi pemenang di dunia dan
akherat, dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Haleluya amin.



Sebelum dan sesudah syalom.

Saudara-saudara, kita semua anak Tuhan; kenapa anak Tuhan kalah
menghadapi persoalan hidup? Kan Tuhan berkuasa, Tuhan bilang:
"Mintalah maka kau akan mendapatkan". Buktinya banyak orang Kristen
pada kalah dan ketakutan mengapa? ...




Amsal 1 ayat 9 tolong bacakan ...................

(Baca aja tidak tau gimana mau ...... sinetron diliat alkitab tidak
dibaca )

.........................................................................................................

Amin,

Sebab apa yang kita minta kepada Tuhan kita tidak terima? Karena
rumahku dijadikan reruntuhan, sedangkan kamu masing masing sibuk dengan
urusan rumahmu sendiri; rumah Tuhan ada dua: Gereja ini rumah Tuhan dan
tubuh seseorang itu rumah Tuhan. Kenapa kita tidak mau menolong? Kenapa
kita tidak melakukan firman?Asal sudah jadi Kristen jadi selamat?
Tidak! Jangan dengerin gereja gereja jaman dulu. Sekali selamat selama
lamanya selamat. Tidak! Enak betul kalau sekali selamat selama lamanya
selamat. Abis terima Yesus, dibaptis... perkosa aja anak gadis setiap
hari sepuluh sepuluh, kan uda selamat; buat apa ditraktir hari minggu
kalau sekali selamat selama lamanya selamat? Tidak! Keselamatan adalah
anugerah Tuhan, tetapi harus terpelihara dalam kekudusanNya. Ya, bukan
orang Kristen yang bisa masuk surga tetapi siapa yang bisa masuk surga?
Yang taat kepada Tuhan Yesus yang masuk surga. Kalau taat kepada Tuhan
Yesus pasti Kristen tapi kalau Kristen belum tentu taat kepada Tuhan
Yesus jangan main main ...Tuhan Kudus.................................





Air muara kalau tidak ada sungai tidak ada gunanya, air sungai berguna
untuk ....

Air laut berguna untuk garam, tapi air muara ke tengah laut dibuang.
Kita makan nasi setengah matang muntah ................

Berapa banyak orang Kristen yang setengah setengah? Bisakah kita
berdiri di dua perahu jangan main main nanti ..........



Matius



Kita cemburu, Tuhan juga cemburu. Kita sudah jadi anak Tuhan kenapa
kita masih pacaran dengan kekasih lama yaitu adat dan ajaran agama yang
lama; agama tidak bisa menyelamatkan, adat istiadat tidak bisa
manyelamatkan. Yang bisa menyelamatkan kasih kudus.demikian ayat
ulangan 6 ayat 13.14.15'16

..............

Bagaimanapun kita kenyang makan ayat............

Takut disitu artinya engkau harus taat ;terus .....bersumpah disitu
artinya berjanji berjanji untuk apa... terus.......Amin. Ya, Saudara
jangan setengah-setengah lagi. Yang lama kita lepaskan; yang lama kita
tidak lepaskan, jangan harap kita menerima Yesus. Saya kasih contoh:
Saya lagi pegang benda ini, suatu hari teman saya kasih emas; sedangkan
saya masih pegang benda ini. Bagaimana supaya saya bisa menerima yang
baru? Lepas yang lama, pegang yang baru. Lepas agama kita, sifat sifat
yang tidak berkenan; berbalik menerima Yesus ; Saya khotbah di seluruh
Indonesia paling keras, paling kasar tapi paling jelas. Saya kasih
contoh: kalu yang lama kita belum lepas jangan harap kita bisa menerima
Yesus dan Yesus jangan harap bisa berkarya dalam hidup kita. Lepas dulu
yang lama tanggalkan semua beban dan dosa.



Ibrani 12 ayat pertama

(Orang Kristen yang masih melakukan adat istiadat sekarang saya kasih
Tanya jawab biar cepat pintar ).........



Kita mempunyai banyak saksi, tanggalkan semua dosa kalian, tanggalkan
itu, lepaskan apa itu beban, apa itu dosa, sesuatu yang merintangi
kemajuan rohani kita. Tentu juga sifat sifat kita yang tidak berkenan,
adat istiadat kita yang Tuhan tidak berkenan. Agama kita yang lama yang
Tuhan tidak berkenan musti dilepaskan untuk suatu yang merintangi
kemajuan kita atau musti kita yang Tuhan tidak berkenan. Lepaskan semua
atau sesuatu yang kita sayangi lebih daripada menyayangi Tuhan.
Lepaskan semua dosa dan perbuatan yang lama.... bebas

...............

yang lama kita tinggalkan, sebab dulu kita merasa kaya dan hebat apa
juga bisa dibeli

.......................tetapi kepintaran dan kekayaan tidak
menyelamatkan ;yang menyelamatkan kasih Yesus. Jangan sombong saudara,
dulu kita bisa bangga apa yang kita punya setelah kita terima Yesus,
sampah itu semuanya.



Jadi Filipi 3 ayat 7 dan 8

............

Amien.....

Sampah yang lama kita buang. Mari kita terima Yesus. Dulu kita warga
negara asing mau menjadi warga negara Indonesia. Lepasin dulu nggak
yang lama; baru bisa terima yang baru? Saudara-saudara semua adat
istiadat kita tidak ada gunanya. Percuma donk Tuhan telah melepaskan
kita dari kuasa kegelapan kalau kita masih melakukan yang lama ...

......

Kolose 1: .... 14



ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan.....................




Amin

Kasih Yesus sungguh besar,dia datang dari surga ke dunia; bukan untuk
jalan jalan. Ia lepaskan kita dari kuasa kegelapan. Kalau ada perkataan
melepaskan, sebelum melepaskan hari nikah. Siapakah yang menikah? Kita
dari nenek moyang kita nikah dengan setan; dibohongi setan ;setan
berjaya karena setan lebih berkuasa dari manusia. Kasih Yesus bukan
sampai disitu saja, tanggalkan patung kita,dulu kita ......

Ketika kita menjadi anak Allah, kita diangkat jadi anak allah. kalau
anak punya bapa pasti punya kekayaan, warisan dan Bapa ; kalau anak
punya bapak tidak ada yang berani

Menghina. Kalau anak punya Bapa, hidup tidak akan terlantar; karena
kita diangkat anak oleh Tuhan makanya mana boleh melawan Bapa.



Yang tidak terima Yesus,mana ada mereka sembayangnya Allah Alloh Allah
Alloh;

Alloh bukan Allahmu;mana boleh orang Cina sembayangnya Pat Pat Thien;
Pat Pat Thien;Thien bukan Bapanya;karena mereka tidak menerima
Yesus/itu.

Mereka bukan di jalan Allah;...

Dosa hanya bisa ditebus dgn cucuran darah Yesus
Dosa tidak bisa ditebus dgn Co Ho Sim ("berbuat baik")

Dosa tidak bisa ditebus dengan berbuat baik; Dosa tidak bisa ditebus
dengan angka; Dosa tidak bisa ditebus dgn kata-kata; Dosa hanya bisa
ditebus dgn darah Yesus.



Percuma dong Tuhan sudah melepaskan kita;memerdekakan kita kalau kita
masih mau dijajah oleh setan.Percuma dong



Galatia 5 ayat pertama

Supaya kita sungguh2 merdeka



Amin

Disitu ada perkataan merdeka; Tuhan telah memerdekakan kita dari
jajahan setan; Tuhan tahu kita dijajah oleh setan; dengan kuasanya dia
memerdekakan kita; supaya kita merdeka dan tidak dijajah lagi



Jangan ragu, jangan dijadikan budak oleh setan; jangan lakukan adat
istiadat kita yang lalu,buang itu semua. Berapa banyak orang Kristen
melakukan yang lama? Ceng Beng pada kekuburan; Paskah pada kekuburan;
Natal pada kekuburan;hari matinya hari lahirnya pada kekuburan,boleh
nggak?Berapa banyak orang Kristen bikin hari penghiburan hari ke 3, ke
7,ke 40, ke 100, setahun., 3 tahun.



Saya ini bekas pemimpin kelenteng
25 tahun saya jadi pemimpin kelenteng; 25 tahun saya jadi peramal; jadi
tukang Khua Mia; 25 tahun saya jadi dukun, baru 16 tahun yang lalu saya
diselamatkan kembali, sekarang jadi pelayan Tuhan. Berapa banyak orang
Kristen masih meramal? Boleh nggak? Masih meramal - suami sering pulang
kerja terlambat aja, tanya ke tukang ramal: suhu, suhu suami saya lagi
rapat atau lagi rapet? Orang Kristen dibilang jangan meramal, masih
meramal. tanya orang luar gangguin Tanya ada yang liat gak



imamat 19 ayat 31............



(Saudara siapa yang pernah dengar khotbah saya yang udah pernah dengar
cuman ada tujuh orang )...



Amien.....

Dilarang meramal, sebab meramal dukun, peramal semuanya setan. Nggak
boleh merama.l ya, saudara itu larangannya. Sekarang apa hukumannya
kalau orang Kristen masih meramal? Imamat 20 ayat 6



Imamat 20 ayat 6..........



Amien...

Berat gak tuh kalo orang Kristen masih meramal? Dunia akherat akan
dihukum. Aku sendiri yang akan menentang dan menegakkan. Bila orang
Kristen masih meramal aku menentang ...apa itu artinya? Menentang...
waktu kita dalam dunia, kita lagi sakit kita berdoa, Tuhan akan
menolong. Itu artinya dikekang. Tidak lagi .....dunia jangan lagi
meramal. Dilenyapkan artinya setelah mati diakherat masuk neraka;
karena kita masih meramal. Jangan lagi meramal, mulai hari ini. Kalau
ada persoalan apapun datang pada Yesus, jangan datang ke tukang
ramal..... pegang Yesus ....



Pada saat susah bukan datang ke tukang ramal, ke dukun. Tapi datang ke
Yesus jangan meramal. Ya, mulai sekarang jangan meramal lagi. Berapa
banyak saat saya jadi peramal banyak orang Kristen datang ke saya.
Memalukan sekali. Ya saudara, terutama perempuan. Mangkanya di
persekutuan doa perempuan lebih banyak, di gereja perempuan lebih
banyak, sampai ke dukun... perempuan juga lebih banyak. Ya, Saudara
yang lama kita buang karena adat istiadat tidak bisa menyelamatkan.
Boleh nggak ke kuburan waktu Paskah, Natal dan Tahun Baru? Dimana ayat
yang tidak boleh ......



Galatia 4:8-10

................

(tidak ada ayat jangan percaya, kata orang kata orang apa kata orang
......)



(Sebelum kita jadi Kristen............)

(Setelah kita jadi Kristen.............)



Kenapa kita hari hari tertentu ke kuburan? Cheng Beng, Paskah, Natal,
Tahun Baru, hari lahir, hari mati ke kuburan. Kenapa kita bikin malam
penghiburan pada hari ke 3, ke 7 ke 40, setahun, 3 tahun. Hari apa aja.
Pendeta pernah saya tegur dikuburan, teman saya mati, saya datang. Ada
Pendeta datang. Begitu selesai acara penguburan, sebelum pulang dia
bertanya: kebaktian hari ke 3 diadakan tidak? kenapa hari ke 3???
Pulangnya saya rendengin tuh pendeta, saya bilang:" Pak pendeta, lain
kali jangan jadi batu sandungan,. kenapa bapak bilang kebaktian hari ke
3?". Dia Tanya:"Siapa saudara?" saya jawab: "Saya pemimpin
kelenteng Jogja, tukang peramal, jadi pendeta. Percuma bapak teologia
-teologia, buang tuh teologia...yang taat yang masuk surga. Oh ya, yang
tidak taat meskipun sudah jadi anak Tuhan,jadi pendeta tetap masuk
neraka.



Matius 7 ayat 22, 23.

............ selamat tidak.

(jangan dengerin pendeta, dengerin firman. Pendeta didengeriin ...
siapa pendeta?? Tetapi kalau kita taat kepada Tuhan yesus pasti masuk
surga .........).................



Kok Tuhan gak kenal Alkitab? Kan kita sudah jadi anakNya ... kok tidak
kenal? Yesus pikun kali tuh! Kita sudah jadi anaknya tidak kenal. Tidak
kenal artinya aku tidak berkenan. Kenapa Tuhan tidak berkenan? Karena
engkau berbuat kejahatan. Tahu nggak? Kejahatan pake stabilo ya, jangan
ayat berkat pake stabilo. ayat ayat begini distabilo. membuat kejahatan
tapi tidak taat akan masuk neraka siapapun, tapi yang taat ..... ayat
21 yang taat .....dunia akherat Tuhan berkati.

ayat 21...................



Tuh yang melakukan kehendak Bapa, yang taat akan masuk surga. Camkan
itu. Mulai sekarang jangan dengerin pastor, jangan dengerin pendeta,
dengerin firman. Firman yang hidup adalah Tuhan Yesus itu sendiri.
Kalau kita dengerin manusia, kita akan tersesat sebab manusia tidak ada
yang sempurna.



Galatia 1 ayat 9,10

...........

(Pendeta ada hutang pendeta kabur......sudah dibilang )



Jangan dengerian orang, pendeta, pastor, dengerin firman. Itu firman
yang hidup adalah Tuhan Yesus. Ya, Saudara mulai sekarang jangan
dengerin gereja, dengerin Tuhan Yesus. Kalau dengerin gereja kita bukan
hamba Tuhan. Kalau dengerin manusia kita bukan hamba Tuhan. Kalau bukan
hamba Tuhan, ya hamba yang satu lagi. cuma 2 dalam dunia ini: negatif
dan positif, baik dan jahat, kaya miskin, Tuhan dan setan. Diluar Tuhan
ada setan, diluar setan ada Tuhan, surga dan neraka, berkat dan
kutukan. cuma 2. Kalau tidak jadi anak Tuhan ya anak setan.Ya, saudara
apa yang harus kita perbuat



Galatia 5:13-16



Kalau mau berkenan di hati Tuhan

........................



Amien

Setelah kita dimerdekakan oleh Tuhan dari jajahan setan. Tuhan pesan
janganlah mentang mentang kita sudah merdeka, kita boleh berbuat semau
gua, tidak takut akan Tuhan



yang ke 14 itu apa? Itu kasihilah sesamamu manusia. Berapa banyak teman
kita, tetangga kita, saudara kita yang belum menerima Yesus? Kenapa
tidak mau membawa ke gereja? Kenapa kita tidak mau tawarkan firman?
susah dibeli. dimana ayat yang mengambarkan firman ................14
ayat 3



berkat mau kerja tidak mau....................................



amien

pergilah pergilah ke seluruh dunia kabarkan firman

Nggak usah ke seluruh dunia, ke sebelah kita, keluarga kita, tetangga
kita, teman kita teman teman kantor yang dekat dulu, gak usah yang jauh
jauh. Yang dekat aja tidak mau. Saya tanya siapa yang tahun 2005 ini
sudah bawa jiwa? cuman 5 orang. Buat apa itu Matius 33 kalo kita liat
ayat berapa itu..........



(Tapi satu jiwa terselamatkan beribu malaika bersorak ...........berkat
itu.................

.................belagak sedih supaya kasian

Apa itu cinta yesus garti aja tidak tau cinta yesus
apa????.....................................


.........................



kalau kita sayang Tuhan, kita taat, kenapa kita tidak mau bawa jiwa.
Orang yang egois tidak diberkati tuhan, Filipi 2:3,4......
.................



(Perempuan tolol nonton sinetron aja pake nangis nangis dia yang kagak
kepilih gue yang nangis tolol bener!!!!)

..................................

Mazmur 37:25.....................



Saya umur saya udah 65. Kalo hari minggu 7 gereja saya khotbah. Saya
tidak kenal waktu, saya serahin karena Tuhan selamatin saya, saya dari
pemimpin kelenteng Tuhan selamatin, dari dukun tuhan selamatin, ini aja
saya belum pulang, saya dari Cisarua...........



Mana ada pendeta di seluruh Indonesia khotbah terserah saya dan umur 65
khotbah 7 kali gereja, kagak ada..............



.................



Ya sudahlah kalau kita tidak itung itungan sama Tuhan, kita tetap taat,
kita sakit nggak lama sembuh, kita bangkrut nggak lama Tuhan berikan
kita usaha. Kita berdoa suami cepet pulang, dia makin sayang dan anak
cucu kita tidak akan jadi gembel tapi kalau kita menyembah setan lihat
anak cucu kita,



Keluaran 20:3,4,5

.................................

Tuh Allah lain itu Allah Allahan. Allah yang terdiri dari batu,
disembah sembah. Paling tolol nih, orang Cina. Masa Allah nya sendiri
dibikin dari batu ;dari batu bisa minta peng an, minta hoki, minta
jodoh. dibilangin allah model kaya begini tidak bisa mikir ......yang
disembah Allah pencipta jangan yang dicipta. Memang paling tolol nih
orang Cina dan lebih tolol lagi saya ini karena saya pemimpin
kelenteng, bego lagi......................

..................

Nah, kalo kita menyembah patung, menyembah benda segala apapun,
termasuk setan. Kalo kita menyembah benda berarti kita menyembah setan.
Didalam setan tidak ada kasih. Setan menolong, bukan menolong; dibalik
pertolongan setan selalu pake tumbal. Tapi kaloThien yang namanya
Yesus, menolong kepada kita dengan cinta kasih tanpa tumbal2an. Tapi
kalo setan menolong pake tumbal2an. Saudara boleh buktikan: anak idiot,
anak Autis nenek moyangnya pasti nyembah setan, pasti!! Cucu punya cucu
masih kena hebat..Makanya kita jadi orang tua jangan sembarang
menyembah, kita menyembah Tuhan dan taat kepada Tuhan yang namanya
Yesus sehingga diberkati anak cucu kita tapi kalo kita nyembah benda,
patung, cucu punya cucu pun jangan maen maen......



Sekali lagi, mari kita bawa orang sebanyak banyaknya ke gereja, kepada
Tuhan. Yang kedua, tolonglah hormati jasmani dan rohaninya tolonglah
orang itu bawa natal gak lama lagi setiap natal saudara membeli baju
baru.............



Didalam gereja saudara diluar gereja tidak kenal lagi.............

Mazmur 23





Amin

Kalo liat orang Kristen minggu kegerja keren tapi hari harinya nggak
tau, didalam gereja kaya nabi semua .........

Pengkotbah 5:14..............







Ibu punya anak umur 5 thn main terus ibu sabet gak? Enggak?? Maen terus
sampe besok. Waktu disabet karena sayang atau hobi? Kalau ibu saying,
ibu sabet anak itu. Kalau ibu tidak sayang anak itu,maka ibu tidak
tegur, Tuhan sayang ama kita makanya kita ditegur ....

AMZAL 3:11,12

.................



Karena sayang ditegur

..............................







Agama dan Kristen. Kristen bukan agama. Kristen anugrah Tuhan. Beda,
agama dengan Kristen. Apa bedanya? Kalau agama pemimpinnya manusia,
kalau Kristen pemimpinnya Tuhan. Kalau agama, manusia mencari Allah,
tapi kaga ketemu karena manusia kotor, Allah kudus. Tapi kalau Kristen
Allah mencari manusia.Dimana ayatnya?



Yesaya 41:9



(Jangan kata orang, kata orang, musti pake bukti )



..................



(Kita dicari oleh Allah, ....)



Amien..

Kalau Tuhan mencari i manusia pasti ketemu. Karena Tuhan lebih berkuasa
dari manusia, Kalau manusia mencari Tuhan tidak ketemu, karena manusia
kotor Tuhan kudus. Seperti tukang becak dan raja. Tukang becak siang
malam berangan-angan jadi raja, sampai matipun tidak akan jadi
raja.Tapi kalau raja menggenjot becak, bisa...



(Saya paling kasar, tapi paling jelas gak usa ragu - ragu kalo kasih
contoh...)



Kita dicari Allah itu namanya anugerah; oleh mereka diluar agama dan
agama, tampak betul. Agama pemimpinnya manusia, pemimpin Kristen Tuhan.
Kalau orang Buddhis kita lihat.... Enak aja menyebut tuhan yesus itu
Tuhan, kita buktiin tuh. Kalau datang ke surga itu berarti Tuhan, mana
pemimpin agama masuk ada di sorga? tunjukin saya buktinya? Buktiin ke
saya,buktinya tapi yesus dan surga.,yesus adalah pokok tapi Yesus ada
di sorga.

Amieen.......

Kalo waktunya gak enak aja sebut tuhan itu adalah thien mana buktinya
thien nih lu liat nih yesus gue datang dari surga bukan
dari...............

Makan tuh ayat...............

Tiada seorang

Am

Yesus adalah tuhan

Yesus adalah tuhan, kalo ke surga pasti Tuhan. Tapi thien?? yang bisa
menerangi dunia berarti Tuhan berarti pencipta .... adalah karunia.
Pemimpin agama tidak punya predikat

Terang dunia, karena pemimpin agama tidak bisa menerangi dunia. Manusia
tidak bisa menerangi dunia, Yesus bisa menerangi dunia. dunia milik
kita baru tercipta oleh Tuhan, Yesus adalah karunia. ........ ayat 12



Maka Yesus berkata pula orang





Kalau kita ikut Yesus kita disebut anak Terang. Lebih baik di jalan
terang daripada di jalan gelap, coba Saudara jalan ditempat gelap; ada
lobang pasti nyemplung.

Saudara jalandi jalan gelap ada batu melintang pasti nyungsep. Saudara
masuk ke kamar, tutup pintu, terus matiin lampu, muter 3x. cari
pintu... kejedor.Coba kau tidak tau jalan kemana.. Yang ikut Yesus ada
di jalan terang.



Yohanes 12:36

....................

Percayalah kepada ...



Anak-anak terang, seandainya Yesus itu Thien, Yesus itu Tuhan.yang bisa
menyelamattakan manusia berarti Tuhan. Pemimpin agama yang lain tidak
mempunyai predikat Juru Selamat. Juru selamat pasti bisa menyelamatkan.
Manusia dengan manusia tidak bisa menyelamatkan artinya tidak bisa bawa
ke surga untuk menyelamatkan. Yang bisa menyelamatkan yang punya
manusia yang menciptakan manusia. Kalau pencipta berarti Tuhan, Yesus
Juru Selamat, Yesus bukan tukang oncom.



Yesaya 43: 11
Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada Juru Selamat selain daripada-Ku....

..........

(Percaya Naon? Percaya ..... buang... )

Aku adalah Tuhan



Amien...

Juru selamat adalah pencipta; bukan Thien, karena bukan Thien yang bisa
menyelamatkan.



Pertanyaan:

Apakah Yesus datang ke dunia ini...rancangan? Apakah penyaliban juga
merupakan suatu rancangan Tuhan?



Jawab: Amin,.. Perjanjian Lama banyak..



Pertanyaan:

Kalau begitu kenapa harus tetap Yudas Iskariot berkhianat terhadapYesus
sampai terjadi penyaliban?



Tuhan kasih kebebasan, perbuatan manusia dalam dunia ini terserah,
Tuhan nggak melarang.



Kalo Yudas tidak berkhianat berarti tidak ada penyaliban?



Justru Tuhan pakai Yudas.



Kalau begitu Yudas tidak boleh disalahkan.



Salah juga, kenapa mau aja.



Tapi menurut ......... Yudas juga dirasuki iblis. Tapi untuk
menyelamatkan dunia kita juga harus dapat Tanda.



Oh Bukan bukan dengan begitu, Tuhan masih bisa memilih yang lain.



Sama saja, ada Yudas-Yudas yang lain ...



Sumber: dari sebuah milis budha

.